Lokasi Perpustakaan Daerah Tidak Strategis


Keberadaan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten OKU lokasinya dinilai tidak srategis untuk dapat didatangi warga masyarakat.
"Perpustakaan disini tidak cukup memadai, lokasinya juga tidak strategis, sehingga saya rasa masyarakat malas untuk datang ke sini," kata Rasman Wasun AMd, Kasi Pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupaten OKU, Rabu (7/8).
Kantor Perpusda berada di jalan Kemiling No 2I, Sarang Elang Kecamatan Baturaja Timur dekat komplek kantor dinas pendidikan cukup jauh dari pusat keramaian kota Baturaja.
Selain itu kata Rasman, Jalan Kemiling tidak terlalu banyak dilewati angkutan umum, sehingga masyarakat yang ingin berkunjung ke perpustakaan daerah terkadang malas. "Idealnya perpustakaan daerah itu ada di pusat kota yang mudah diakses masyarakat," katanya.
Walau tidak secara explicit menyebutkan, dia berharap keberadaan perpustakaan daerah berdekatan dengan banyaknya aktifitas masyarakat di pusat kota Baturaja. “Misalnya seperti di lokasi kantor capil yang sekarang. Memang kita dulu mengincar kantor itu, tapi keduluan. Mau bagaimana lagi, itu kebijakan atasan,” sebut dia.
Pihaknya kata dia, sudah pernah mengajukan atau memprogramkan untuk pemindahan lokasi perpustakaan. Tapi itu baru bisa pada 2011 mendatang. “Nanti akan diprogramkan pada 2011, kita sudah koordinasi dengan bagian perlengkapan/umum,” ujarnya.
Kata Rasman harapan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pengunjung perpusatakaan dan minat baca terhadap masyarakat kabupaten OKU di kalangan pelajar, mahasiswa atau karyawan yang ingin membaca untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan dari manfaat membaca. "Selama ini pengunjung kebanyakan hanya dari kalangan pelajar dan mahasiswa," katanya.
Sementara itu tambah Rasman, pengunjung perpustakaaan berkisar antara 15-30 orang setiap hari dari berbagai kalangan pelajar tingkat menengah, mahasiswa dan umum.
Ia menerangkan koleksi buku diperpustakaan daerah kabupaten OKU saat ini berjumlah 11.667 eksemplar dengan dari beberapa judul judul buku, diantaranya tentang pengetahuan umum dan keagamaan. "Kalau perpustakaan berada di tempat strategis maka dari berbagai kalangan masyarakat diharapkan berkunjung," tandasnya. (wen) OKU EKSPRES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar